Pengembangan Modul Pembinaan Karakter Disiplin melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SMA.

Nugraha, Muktadil Arya (2024) Pengembangan Modul Pembinaan Karakter Disiplin melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SMA. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_01_MUKTADIL_ARYA_NUGRAHA_21155007_2416_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Oleh: Muktadil Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembinaan karakter disiplin melalui ekstrakurikuler Pramuka yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Ada 5 tahapan, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dengan rincian 1 orang instruktur pembina dan 29 peserta didik SMA Murni Padang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil dalam penelitian ini merupakan penilaian yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa yang berkolaborasi dengan peneliti. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket uji validitas menggunakan formula Aiken V dan praktikalitas, dan hasil belajar siswa untuk uji efektivitas dari modul pembinaan yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa hasil uji validitas berdasarkan validasi angket ahli media diperoleh nilai Aiken V 0,94 kategori sangat valid. Hasil validasi ahli materi diperoleh nilai Aiken V 0,76 kategori. Validasi ahli bahasa diperoleh nilai Aiken V 0,84 kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas berdasarkan angket respons instruktur pembina diperoleh nilai Aiken V 0,94 kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas berdasarkan angket respons peserta didik dari kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 89,83. Sedangkan untuk ketertepatan modul diperoleh nilai rata-rata sebesar 91,33% dengan kategori sangat praktis. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa modul ini berhasil dikrmbangkan dan dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorAnanda, AzwarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL, KRAKTER DISIPLIN, EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2024 09:37
Last Modified: 10 Jun 2024 09:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52429

Actions (login required)

View Item View Item