Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Terpadu berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tema Energi dalam Kehidupan Terintegrasi Pembelajaran Abad 21

Ariani, Rizka (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Terpadu berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tema Energi dalam Kehidupan Terintegrasi Pembelajaran Abad 21. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Rizka_Ariani_18175031_2819_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Di era abad 21 ini, pemerintah telah menyiapkan rancangan untuk menciptakan generasi emas dimana sasaran utamanya adalah para peserta didik di lingkungan sekolah yang akan menjadi penerus bangsa. Karena itu pemerintah telah melakukan berbagai pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran untuk menerapkan pembelajaran abad 21 di sekolah baik untuk guru dan peserta didik. Salah satunya adalah media pembelajaran berbasis IT yang memuat kecakakapan abad 21 dengan tetap mengedepankan penguatan karaktek peserta didik. Pembelajaran Abad 21 dapat dikembangkan melalui berbagai model pembelajaran berbasis aktivitas yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan materi pembelajaran. Sehingga didalam pendidikan, peserta didik tidak hanya memiliki kecakapan pengetahuan, melainkan juga menganut sikap yang mengacu pada ilmu pengetahuan seperti berfikir kritis, kreatif, komukatif dan kolaboratif. Namun kenyataan di lapangan, media yang digunakan pendidik dalam proses pembelajaran belum meningkatkan keterampilan abad 21 peserta didik, sehingga pendidik membutuhkan suatu multimedia interaktif yang dikembangkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran inkuiri terbimbing yang terintegrasi pembelajaran abad 21. Oleh karena itu, penelitian ini bertujua untuk mengembangkan multimedia interaktif IPA Terpadu berbasis inkuiri terbimbing dengan tema energi dalam kehidupan terintegrasi pembelajaran abad 21 dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan (preliminary research), tahap perancangan (prototyping phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Uji coba dilakukan di SMP Negeri 4 Pasaman pada kelas VII. Pada tahap pendahuluan, validasi, praktikalitas digunakan instrument berupa angket. Pada tahap efektifitas digunakan instrument berupa angket dan berupa soal essai untuk menilai keterampilan abad 21 peserta didik. Hasil pengembangan ini diperoleh bahwa pertama, hasil uji validitas oleh tiga orang ahli menyatakan multimedia yang dikembangkan valid; kedua, hasil uji praktikalitas respon pendidik dan peserta didik adalah sangat praktis; dan ketiga, hasil uji efektifitas produk multimedia interaktif setelah digunakan oleh peserta didik adalah efektif dengan nilai n-gain sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif IPA Terpadu berbasis inkuiri terbimbing dengan tema energi dalam kehidupan terintegrasi pembelajaran abad 21 adalah valid, praktis dan efektif, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorFauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorUsmeldi, UsmeldiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:54
Last Modified: 10 Jun 2024 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52417

Actions (login required)

View Item View Item