Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X Di SMAN 8 Padang.

Fitri, Dhea Syafrima (2023) Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X Di SMAN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_DHEA_SYAFRIMA_FITRI_19329157_1669_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar PAI dan BP di Kelas X SMA Negeri 8 Padang, yang pada kenyataannya metode mengajar yang digunakan guru masih monoton dan tidak menarik, sehingga siswa sulit untuk memahami materi yang diajarkan dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, diperlukannya penggunaan model pembelajaran yang tepat dan menarik oleh guru dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif semu dengan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pretest dan posttest. Hasil validitas soal pada penelitian ini menunjukan 20 soal valid dari 30 soal yang diujicobakan. Reliabilitas soal menggunakan Cronbach alpha diperoleh nilai 0.826 > 0.70 yang berarti soal memiliki reliabilitas yang sangat tinggi. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji normalitas data dan homogenitas terlebih dahulu. Hasilnya bersifat normal dan homogen. Pada uji normalitas kelompok kontrol diperoleh nilai pretest sig.= 0.068 > 0.05 dan nilai posttest sig.= 0.078 > 0.05 , kelompok eksperimen diperoleh nilai pretest sig. = 0.200 > 0.05 dan nilai posttest sig. = 0.060 > 0.05, sedangkan uji homogenitas diperoleh pretest kelompok kontrol dan eksperimen diperoleh nilai sig.= 0.576 > 0.05, sedangkan nilai posttest kelompok kontrol dan eksperimen diperoleh nilai sig.= 0.060 > 0.05 .Adapun data pada penelitian dianalisis dengan menggunakan uji paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukan pada kelompok kontrol diperoleh sig. (2-tailed) = 0.001 < 0.05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima, dan kelompok eksperimen diperoleh sig. (2-tailed) = 0.001 < 0.05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian dilakukan uji efektivitas menggunakan rumus efisiensi relatif, diperoleh nilai R < 1 (0.52 < 1) maka artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI dan BP di Kelas X SMAN 8 Padang. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiza, RahmiUNSPECIFIED
CorrectorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Jun 2024 08:27
Last Modified: 06 Jun 2024 08:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52381

Actions (login required)

View Item View Item