Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Gadjet Dan Media Audio Visual Serta Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK Peserta didik Kelas 8 Di SMPN 4 Kandis.

Sipayung, April Yesaya (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Gadjet Dan Media Audio Visual Serta Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK Peserta didik Kelas 8 Di SMPN 4 Kandis. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_06_APRIL_YESAYA_SIPAYUNG_ 22199006_1247_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Oleh: April Yesaya Sipayung Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran PJOK di SMPN 4 Kandis, berdasarkan observasi awal pada tanggal 14 Desember 2022. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan media pembelajaran gadget dan media audio visual, serta motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas 8 di SMPN 4 Kandis. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen semu (quasi experiment) dengan melibatkan dua jenis media pembelajaran, yaitu gadget (A1) dan audio visual (A2), serta variabel moderator berupa tingkat motivasi belajar tinggi (B1) dan rendah (B2). Desain treatment by level 2 x 2 digunakan untuk mengorganisir kombinasi variabel tersebut. Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas VIII.1 dan VIII.2 dengan total 32 orang. Data motivasi belajar diperoleh melalui angket, sedangkan hasil belajar PJOK diukur melalui tes keterampilan gerak yang mencakup materi Senam Lantai, Renang, dan Senam Irama. Penelitian di SMPN 4 Kandis menemukan bahwa media audio visual lebih efektid dalam meningkatkan hasil belajar PJOK kelas 8. Interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar, terlihat dari dampak positif gadget pada kelompok motivasi tinggi dan audio visual pada kelompok motivasi rendah. Rekomendasi untuk guru adalah mempertimbangkan tingkat motivasi belajar saat memilih media pembelajaran, baik gadget maupun audio visual, guna meningkatkan efektivitas pembelajaran di SMPN 4 Kandis.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifki, Muhamad SazeliUNSPECIFIED
CorrectorNeldi, HendriUNSPECIFIED
CorrectorBahtra, RidhoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, MEDIA AUDIO VISUAL; MOTIVASI BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:38
Last Modified: 06 Jun 2024 02:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52365

Actions (login required)

View Item View Item