Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 16 Bukit Siayah Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan

Nisa, Khairul (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 16 Bukit Siayah Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_KHAIRUL_NISA_19129243_635_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 16 Bukit Siayah Lumpo. Hal ini terjadi dikarenakan guru kurang memberikan rangsangan kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari, guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi masalah yang relevan dengan materi pelajaran, guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengolah informasi yang diperoleh dan guru kurang membimbing peserta didik dalam menyimpulkan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 16 Bukit Siayah Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan perencanaan pelaksanaan menggunakan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan nontes. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi dan peserta didik kelas V SDN 16 Bukit Siayah Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 15 orang terdiri dari 8 orang peserta didik laki-laki dan 7 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian yaitu persentase pengamatan RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 87,5% dengan kategori (B) mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 97,22% dengan kategori (SB). Aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 82,81% dengan kategori (B) mengalami peningkatan pada siklus II 93,75% dengan kategori (SB). Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 82,81% dengan kategori (B) mengalami peningkatan pada siklus II 93,75% dengan kategori (SB). Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rata-ratanya 71,42 mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,59. Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 16 Bukit Siayah Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstimar, NellyUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Jun 2024 10:04
Last Modified: 04 Jun 2024 10:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52335

Actions (login required)

View Item View Item