Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual untuk Menstimulasi Motorik Kasar melalui Gerakan Sholat pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 14 Ampang Padang

Zaira, Nabilla Berliana (2024) Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual untuk Menstimulasi Motorik Kasar melalui Gerakan Sholat pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 14 Ampang Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_NABILLA_BERLIANA_ZAIRA_19022180_1235_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat anak yang motorik kasarnya masih rendah, seperti meloncat dan menjaga keseimbangan tubuh, anak masih suka bermalas-malasan saat melakukan kegiatan motorik kasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media audiovisual untuk menstimulasi motorik kasar melalui kegiatan praktek sholat pada anak usia dini di TK Aisyiyah 14 Ampang Padang. Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok belajar anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 14 Ampang Padang yang terdiri dari 5 kelas, yaitu kelas B1 15 orang, B2 15 orang, B3 16 orang, B4 16 orang, B5 17 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok B1 dan B2 yang diambil dengan teknik pengambilan Cluster Sampling (area sampling), di mana kelompok B2 dijadikan kelas kontrol dengan jumlah anak 15 orang dan kelompok B1 dijadikan kelas eksperimen jumlah anak 15 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membandingkan perbedaan dari dua rata-rata nilai, sehingga dilakukan dengan uji t (t-tes). Namun sebelum itu, terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: a) uji homogenitas diketahui nilai signifikansi (sig) pada levene‟s test of variance adalah sebesar 0,813 > 0,05. Disimpulkan bahwa varians data N-gain untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama atau homogeny; b) Nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,004 berdasarkan tabel t 0,004 < 0,05. Dengan demikian disimpulkan bahwa media audio visual lebih efektif untuk menstimulasi motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 14 Padang; c) Perolehan effect size sebesar 1,13 disimpulkan termasuk dalam kategori kuat, dengan demikian motorik kasar anak dengan media audio visual efektif signifikan. Dapat disimpulkan bahwa media audio visual terbukti lebih efektif terhadap stimulasi motorik kasar anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlina, SerliUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, ViviUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Jun 2024 08:51
Last Modified: 04 Jun 2024 08:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52334

Actions (login required)

View Item View Item