Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Pembelajaran Musik Ansambel di SMP Negeri 15 Dumai

Sundari, Regina (2024) Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Pembelajaran Musik Ansambel di SMP Negeri 15 Dumai. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_REGINA_SUNDARI_22161025_2384_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya efektivitas dalam proses penilaian pembelajaran seni musik, khususnya pada pembelajaran musik ansambel. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model instrumen penilaian autentik yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan langkah-langkah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan guru seni musik SMP Negeri 15 Dumai. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berbentuk proses pengembangan instrumen penilaian autentik meliputi: (1) analisis instrumen awal dalam menilai musik ansambel; (2) tahap perancangan instrumen penilaian autentik; (3) tahap pengembangan instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran musik ansambel; (4) implementasi instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran musik ansambel; dan (5) evaluasi instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran musik ansambel. Instrumen penilaian autentik ini dinyatakan valid dengan persentase 88,5%. Praktis digunakan oleh guru dengan persentase 96,5%, dan efektif dengan persentase 92%

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdipal, ArdipalUNSPECIFIED
CorrectorLumbantoruan, JagarUNSPECIFIED
CorrectorElida, ElidaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 May 2024 06:10
Last Modified: 31 May 2024 06:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52310

Actions (login required)

View Item View Item