Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Loncat Abjad bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas II (Single Subject Research di SDN 31 Pasir Kandang)

Sabrina, Luthfia (2024) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Loncat Abjad bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas II (Single Subject Research di SDN 31 Pasir Kandang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_LUTHFIA_SABRINA_17003131_3513.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ditemukan oleh peneliti dilapangan. Dimana peneliti menemukan dua orang siswa yaitu rendahnya kemampuan membaca permulaan. Hal ini ditunjukkan dari hasil wawancara penulis dengan guru kelas, dimana guru kelas tersebut menjelaskan bahwa kedua anak tersebut belum bisa membaca karena mengalami kekeliruan dalam mengenal huruf. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan subjek tunggal(SSR) dengandua subjek yaitu BT dan PM yang duduk di kelas II SDN 31 Pasir Kandang. Data mengenai kemampuan peserta didik diperoleh melalui observasi dan tes. Desain A-B-A digunakan untuk melihat tingkat kemampuan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui permainan loncat abjad sebelum diberi intervensi (A1), saat diberi intervensi (B), dan sesudah diberi intervensi (A2). Data siswa BT sebelum diberikan intervensi (A1) yang dilakukan selama lima kali pertemuan memperoleh skor 40%, 30%, 20%, 20%, 20%. Pada kondisi intervensi (B) yang dilakukan sebanyak enam kali pertemuan diperoleh skor 70%, 80%, 70%, 90%,90%, 90%. Dan kondisi pada Baseline 2 (A2) dilakukan sebanyak lima pertemuan diperoleh skor 90%, 70%, 90%, 90%, 90%. Sedangkan data siswa PM sebelum intervensi (A1) yang dilakukan selama lima kali pertemuan diperoleh skor 20%, 20%, 40%, 40%,40%. Pada kondisi intervensi (B) yang dilakukan sebanyak enam kali pertemuan diperoleh skor 20%, 40%, 40%, 50%, 50%, 50%. Dan pada kondisi Baseline 2 (A2) yang dilakukan sebanyak lima kali pertemuan diperoleh skor 70%, 70%, 80%, 80%, 80%. Darihasil perolehan data kedua siswa disetiap kondisi, dapat diketahui bahwa permainan loncat abjad dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak kesulitan belajar kelas II di SDN 31 Pasir Kandang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorEfrina, ElsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Loncat Abjad Anak Kesulitan Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 30 May 2024 03:10
Last Modified: 30 May 2024 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52280

Actions (login required)

View Item View Item