Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Roda Putar Braille Bagi Anak Tunanetra

Safna, Faiqah Dzakiyatus (2024) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Roda Putar Braille Bagi Anak Tunanetra. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_FAIQAH_DZAKIYATUS_SAFNA_20003010_3482.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukakannya seorang anak perempuan tunanetra di SLBN 1 Alahan Panjang kelas VII yang masih berada di fase A mata Pelajaran bahasa Indonesia dengan kemampuan akademik masih pada membaca permulaan braille. Permasalahan ini berlanjut dengan anak yang tidak mampu membaca kata dengan pola konsonan vokal konsonan vokal (KVKV) braille. Padahal membaca braille merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh anak tunanetra. Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan braille dengan pola KVKV menggunakan media roda putar braille. Metode penelitian yang digunakan ialah Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Variabel terikat penelitian ini ialah kemampuan membaca permulaan braille sedangkan variabel bebasnya adalah media roda putar braille. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan dan tes, sedangkan alat pengumpulan data berupa instrument ceklis yang dimuat dalam bentuk skor persentase. Pada kondisi baseline (A1) dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan, kondisi intervensi 7 kali pertemuan, dan kondisi baseline (A2) dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan braille dengan pola KVKV menggunakan media roda putar braille. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan membaca permulaan dari kondisi baseline (A1) dengan persentase hasil tes (38%-44%) ke kondisi intervensi (50%-63%) dan setelah lepas penggunaan media roda putar braille ke kondisi baseline (A2) dengan persentase (66%-77%). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media roda putar braille dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan braille

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorSopandi, Asep AhmadUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Media Roda Putar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 30 May 2024 03:09
Last Modified: 30 May 2024 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52276

Actions (login required)

View Item View Item