Pengembangan Media Pembelajaran Museum Digital untuk Membantu Siswa Bepikir Kausalitas pada Proses Pembelajaran Sejarah

Astuti, Hani Anastasia (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Museum Digital untuk Membantu Siswa Bepikir Kausalitas pada Proses Pembelajaran Sejarah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_HANI_ANASTASIA_ASTUTI_20046008_1581_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya penggunaan media pembelajaran yang optimal oleh guru mata pelajaran sebagai sarana untuk membantu siswa dalam berpikir kausalitas. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk menganalisis proses pengembangan museum digital sebagai media pembelajaran sejarah. (2) untuk menganalisis kelayakan dan praktikalitas museum digital sebagai media pembelajaran sejarah. (3) untuk menganalisis keefektifitasan produk museum digital sebagai media pembelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yaitu ADDI (Analyze, Design, Development, Implementation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa teknik wawancara dan angket. Hasil penelitian : (1) tahapan pengembangan media pembelajaran museum digital yaitu : (a) tahap analisis (analyze), yaitu menganalisis permasalahan yang ada dalam pembelajaran sejarah dan menganalisis kebutuhan. (b) tahap perancangan (design), merancang museum digital yaitu mulai dari pemilihan aplikasi yaitu Artsteps, membuat ringkasan materi, pembuatan konsep museum dan pembuatan museum digital. (c) tahap pengembangan (development), untuk mengetahui kelayakan museum digital dari segi media dan materi. Dalam tahap ini diperoleh kelayakan materi mendapatkan skor 3.5 dengan kategori sangat layak dan kelayakan media mendapatkan skor 3.5 dengan kategori sangat layak. (d) tahap implementasi (implementation), tahapan ini merupakan tahapan uji praktikalitas media pembelajaran museum digital kepada guru dan siswa. Uji praktikalitas kepada guru mendapatkan nilai 3.93 dengan kategori sangat layak dan uji praktikalitas kepada siswa mendapatkan nilai 3.83 dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran museum digital sangat layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah. Analisis efektifitas media pembelajaran yang dilakukan kepada siswa dapat disimpulkan berada dalam kategori efektiv untuk membantu siswa berpikir kausalitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
CorrectorOfianto, OfiantoUNSPECIFIED
CorrectorAfriani, RiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MUSEUM DIGITAL
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 May 2024 07:55
Last Modified: 29 May 2024 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52269

Actions (login required)

View Item View Item