Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi terhadap Pemahaman dan Keterampilan Praktek Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Permesinan Frais Kelas XI TPM di SMK Negeri 5 Padang.

Putra, Robby Eliga (2024) Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi terhadap Pemahaman dan Keterampilan Praktek Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Permesinan Frais Kelas XI TPM di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_ROBBY_ELIGA_PUTRA_19067103_2643_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran teknik permesinan frais merupakan salah satu mata pelajaran wajib dalam jurusan teknik permesinan, namun masih banyak hasil belajar dan keterampilan praktek siswa masih dibawah kriteria penilaian, hal ini diduga karena metode pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional atau kurang bervariasi sehingga kurangnya pemahaman dan keterampilan praktek siswa, Oleh karena itu peneliti menggunakan metode demonstrasi dalam penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaanya terhadap pemahaman dan keterampilan praktek siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan jenis post-test only control yang menempatkan subjek peneltian kedalam dua kelas yang dibedakan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini melibatkan 15 orang kelas eksperimen dan 15 orang kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes soal dan penilaian keterampilan praktek siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat perbedaan antara kelas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata hasil post-test siswa kelas eksperimen yaitu 80,62 dan kelas kontrol yaitu 65 serta nilai rata-rata evaluasi keterampilan praktek kelas ekperimen yaitu 74,78 dan kelas kontrol 47,87. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Analisis data akhir yang diperoleh digunakan untuk malakukan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji t diperoleh nilai sig (2-tailed) pada kedua kelompok yaitu 0,001 pada kelompok pemahaman dan 0,001 kelompok keterampilan. Secara keseluruhan nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap pemahaman dan keterampilan praktek serta penggunaan metode demonstrasi diklasifikasi baik karena pemahaman dan keterampilan praktek siswa menjadi meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNabawi, Rahmat AzisUNSPECIFIED
CorrectorIndrawan, EkoUNSPECIFIED
CorrectorAfnison, WandaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: METODE DEMONSTRASI, TEKNIK MESIN, KETERAMPILAN PRAKTEK.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 May 2024 07:10
Last Modified: 29 May 2024 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52262

Actions (login required)

View Item View Item