Pengembangan e-Module Matematika Terintegrasi Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP IT Kelas VIII

Khairi, Hanif (2023) Pengembangan e-Module Matematika Terintegrasi Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP IT Kelas VIII. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_HANIF_KHAIRI_19205016_1980_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Belum tersedianya bahan ajar yang dapat menunjang kemampuan pemecahan masalah matematis dan terintegrasi dengan nilai-nilai ajaran Islam membuat pendidik SMP IT kesulitan dalam mengasah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan kesulitan dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada peserta didik. Salah satu solusi yang bisa digunakan pendidik dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan e-modul. E-modul merupakan salah satu bahan ajar yang memiliki karakteristik prinsip belajar mandiri. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahaui karakteristik e-modul terintegrasi keislaman yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP IT. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp dengan 3 fase yaitu analisis pendahuluan terdiri dari: analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis karakteristik peserta didik. Tahap pengembangan prototipe terdiri dari : evaluasi sendiri, tinjauan pakar/ahli, evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil, dan uji lapangan. Serta tahap penilaian terdiri dari uji efektivitas dengan melakukan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP IT Qurrota A’yun. Karakteristik e-modul matematika yang dikembangkan, dititik beratkan pada bagian terintegrasi keislamannya, yaitu pada penanaman nilai-nilai ajaran Islam melalui materi maupun soal pada e-modul, dimulai dari penggunaan nama-nama dan istilah Islami, gambar atau karakter Islami dan juga dalil Al-Qur’an ataupun Hadits yang dilengkapi dengan audio murottal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian oleh para ahli diperoleh rata-rata kevalidan sebesar 87 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan e-modul dilihat dari hasil analisis angket respon peserta didik pada uji lapangan dengan rata-rata nilai kepraktisan sebesar 94 dengan kategori sangat praktis. Keefektivan dilihat dari hasil akhir tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diperoleh adalah sebesar 66% dari total skor maksimum, sedangkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis awal peserta didik hanya sebesar 22% dari skor maksimum. Karena 66%>22%, maka hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan e-modul matematika terintegrasi keislaman valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP IT kelas VIII.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorArnawa, I MadeUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 May 2024 03:59
Last Modified: 29 May 2024 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52256

Actions (login required)

View Item View Item