Pengaruh Metode Macro Play Terhadap Pengembangan Karakter Kejujuran Pada Anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang

Aresti, Sri (2024) Pengaruh Metode Macro Play Terhadap Pengembangan Karakter Kejujuran Pada Anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_SRI_ARESTI_ 19022131_3151.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya karakter kejujuran pada anak karena peneliti mendapati ada beberapa orang anak yang berbohong setiap ditanya mengenai barang baru yang ia miliki padahal punya temannya sendiri. Dan dalam proses pembelajaran, kegiatan yang dilakukan guru kurang bervariasi dan bersifat serius, sedangkan anak masih dalam masa bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain. Karakter kejujuran pada anak usia dini perlu distimulasi untuk melatih kejujuran pada anak itu sendiri sebagai upaya untuk mendukung anak saat dewasa kelak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh macro play terhadap pengembangan karakter kejujuran pada anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasy exsperiment). Teknik pengumpulan data berupa tes perbuatan. Pengambilan data dan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang, dengan jumlah peserta didik 74 anak, sampel pada penelitian ini adalah 30 anak, 15 anak kelas B5 dan 15 anak kelas B3. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen dengan kegiatan bermain peran makro diperoleh nilai rata-rata sebesar 14,47 sedangkan pada kelas kontrol dengan kegiatan bermain peran mikro 12,13. Melalui perhitungan uji effect size dengan menggunakan rumus Cohens diperoleh hasil sebesar 1,092. Berdasarkan nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0.000 < 0.05 dapat dikategorikan bahwa metode bermain peran dalam meningkatkan karakter kejujuran pada anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang memiliki pengaruh yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliza, DelfiUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorYeni, IndraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Macro Play Pengembangan Karakter Kejujuran Pada Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 May 2024 02:58
Last Modified: 29 May 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52248

Actions (login required)

View Item View Item