Efektivitas Pembelajaran Melalui Whatsapp Tehadap Hasil Belajar Anak di TK Aisyiyah Balai Talang Kab.Lima Puluh Kota

Fitri, Rantini (2024) Efektivitas Pembelajaran Melalui Whatsapp Tehadap Hasil Belajar Anak di TK Aisyiyah Balai Talang Kab.Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_RANTINI_FITRI_17022071_3332.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Indonesia sedang dilanda pandemic Covid-19 (Corona Virus) yang menyebabkan pembelajaran yang semulanya dilakukan dengan tatap muka kini terpasaksa beralih ke pembelajaran dari rumah yang menggunakan media interner terutama menggunakan melalui Whatsapp, karena begitu banyaknya lembaga TK yang menggunakan media melalui Whatsapp sebagai alternative pembelajaran BDR. Untuk itu perlu dilakukan suatu penelitian dengan tujuan untuk mengetahui adakah Efektifitas Pembelajaran melalui Whatsapp Terhadap Hasil Belajar di TK Aisyiyah Balai Talang Kab.Lima Puluh Kota. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitia eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 55 anak, 15 anak B1, 15 anak B2, 15 anak B3, dan 10 anak B4. Dan sampel dalam penelitian ini dengan menggunkan teknik purposive sampling yaitu anak B1 dan anak B2 yang berjumlah 30 anak. Dalam penelitian ini digunaan teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, ceklis dan dokumentasi untuk menentukan seberapa efektif pembelajaran yang dilakukan, pengukuran tersebut langsung terhadap sampel. Hasil penelitian diperoleh bahwa efektivitas pembelajaran melalui Whatsapp terhadap hasil belajar anak di TK Aisyiyah Balai Talang dengan menggunakan hasil perhitungan SPSS 22 dengan cara membandingkan antara nilai F yang dihasilkan dari perhitungan F hitung dengan nilai F tabel maka didapatkan nilai F hitung yaitu 0,396 < nilai F tabel yaitu 3,89 maka Ha ditolak dan Ho diterima berarti efektivitas penggunaan media pembelajaran melalui Whatsapp sama dengan media pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar anak TK Aisyiyah Balai Talang Kab.Lima Puluh Kota dengan nilai signifkansi 0,05 < nilai α yaitu 0,534 Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran melalui Whatsapp sama dengan media pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar anak TK Aisyiyah Balai Talang Kab.Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorSyofriend, YulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran Media Pembelajaran Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 May 2024 02:58
Last Modified: 29 May 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52246

Actions (login required)

View Item View Item