Pengaruh Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 7 Padang

Zilvia, Vicka (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_VICKA_ZILVIA_19029054_2458_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah. Salah satu upaya untukmengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaranREACT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuanpemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaranREACT lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas IX SMP Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment (eksperimen semu) dan rancanganyang digunakan adalah nonequivalent posttest-only control group design. Populasipenelitian ini adalah peserta didik kelas IX di SMP Negeri 7 Padang tahun pelajaran2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random samplingdiperoleh kelas IX.2 sebagai kelompok eksperimen dan IX.3 sebagai kelompokkontrol. Instrumen pemelitian yang diggunakan adalah kuis dan tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil analisis data kuis menunjukkan adanya perkembangan padasetiap indikator kemampuan pemecahan matematis selama diterapkan model REACTsetiap indikatornya. Berdasarkan analisis data tes menggunakan uji Mann whitneydiperoleh P-value = 0,000 dengan taraf nyata (α = 0,05). Karena P-value < α, maka H 0 ditolak. Hal ini menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran REACT lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas IX SMP Negeri 7 Padang. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran REACT terhadapkemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas IX SMP Negeri 7Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorRani, Maulani MeutiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 May 2024 03:47
Last Modified: 28 May 2024 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52221

Actions (login required)

View Item View Item