Pengembangan LKPD Terintegrasi Model Predict Observe Explain (POE) untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Elviana, Vina (2023) Pengembangan LKPD Terintegrasi Model Predict Observe Explain (POE) untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_VINA_ELVIANA_19033135_1590_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan yang penting untuk ditingkatkan dalam menghadapi abad ke-21 adalah kemampuan berpikir kritis. Proses pembelajaran tidak terlepas dari penggunaan bahan ajar. Khususnya dalam pembelajaran fisika, sangat diperlukan penggunaan bahan ajar yang sesuai dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga siswa dapat meningkatkan kemandirian belajarnya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu bahan ajar yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Bahan ajar yang dapat digunakan adalah LKPD terintegrasi model Predict Observe Explain (POE) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD terintegrasi model Predict Observe Explain (POE) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg & Gall dalam buku Sugiyono (2018) yang terdiri dari langkah-langkah yaitu, (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi produk, (5) Revisi produk, dan (6) Uji coba produk. Instrumen pengumpulan data awal yang digunakan yaitu penyebaran lembar angket analisis kebutuhan siswa dan lembar wawancara guru. Uji validitas yang dilakukan oleh 6 orang tenaga ahli yaitu dosen fisika FMIPA UNP dengan indeks validitas Aiken’s V. Uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru fisika dan 26 siswa kelas XII MIA 3 di SMAN 6 Solok Selatan dengan pengumpulan data menggunakan lembar angket uji praktikalitas yang dianalisis menggunakan teknik persentase. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh produk berupa LKPD terintegrasi model Predict Observe Explain (POE) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai validitas sebesar 0.83 dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas guru didapatkan nilai sebesar 93% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji praktikalitas siswa didapatkan nilai sebesar 90% dengan persentase sangat praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD terintegrasi model Predict Observe Explain (POE) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran fisika dalam memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi suhu kalor dan teori kinetik gas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
CorrectorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 May 2024 03:17
Last Modified: 28 May 2024 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52220

Actions (login required)

View Item View Item