Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Penyajian Data Bentuk Diagram Batang di Kelas IV SDN Gugus II Lubuk Kilangan Kota Padang

Sari, Dwi Kartika (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Penyajian Data Bentuk Diagram Batang di Kelas IV SDN Gugus II Lubuk Kilangan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_DWI_KARTIKA_SARI_18129245_2504_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan guru belum menerapkan model pembelajaran yang bervariatif dan belum membimbing peserta didik berproses mendapatkan pengalaman belajar dan mengelola sumber pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Penyajian Data Bentuk Diagram Batang di Kelas IV SDN Gugus II Lubuk Kilangan Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan design penelitian quasi eksperimental design tipe nonequivalent control design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan hasil dari beberapa pertimbangan diperoleh peserta didik kelas IVA SDN 09 Bandar Buat sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB SDN 09 Bandar Buat sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif. Data dianalisis secara deskriptif yang didahului dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis (uji-t) lalu uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata kelas eksperimen 82,81 dan kelas kontrol 69,50. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t dengan taraf nyata 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,493 > 2,012. Diperkuat dengan menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh Fhitung > Ftabel = 16,9 > 4,3. Sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya dilakukan uji N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 0,70 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata 0,42. Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar penyajian data Bentuk diagram batang di kelas IV SDN Gugus II Lubuk Kilangan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK, MODEL PROBLEM BASED LEARNING, PEMBELAJARAN PENYAJIAN DATA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 May 2024 03:47
Last Modified: 28 May 2024 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52215

Actions (login required)

View Item View Item