Pelaksanaan Kegiatan Literasi Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Pasca Covid-19 di TK Negeri Pembina 2 Lubuk Nagodang Kabupaten Kerinci

Malfira, Aleyda (2024) Pelaksanaan Kegiatan Literasi Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Pasca Covid-19 di TK Negeri Pembina 2 Lubuk Nagodang Kabupaten Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_ALEYDA_MALFIRA_18022090_2459_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti mengenai pelaksanaan kegiatan literasi membaca permulaan anak usia 5-6 tahun pasca covid-19 di TK Negeri Pembina 2 peneliti menemukan keunikan strategi yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan membaca permulaan ,dimana peneliti melihat anak-anak sudahberada pada tahapan mengenal bacaan atau disebut dengan Take off Reader Stage dimana pada tahap ini, anak sudah mulai menggunakan isyarat graphonic yaitu anak sudah mengenal huruf, semantic yaitu sudah membentuk kata-kata dan sytatic yaitu sudah membentuk kalimat. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pelaksanaan kegiatan literasi membaca permulaan anak usia 5-6 tahun pasca covid-19 di TK Negeri Pembina 2 Lubuk Nagodang Kabupaten Kerinci. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru TK B1 di TK Negeri Pembina 2 Lubuk Nagodang Kabupaten Kerinci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan adalah dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan literasi membaca anak usia 5-6 tahun pasca covd-19 di TK Negeri Pembina 2 Lubuk Nagodang Kabupaten Kerinci sudah terlaksana dengan baik. Pada proses perencanaan guru terlebih dahulu melakukan evaluasi terhadap perkembangan anak dan melakukan persiapan untuk membahasa RPPH yang disesuaikan dengan indicator yang sudah ada. Lalu pada kegiatan pelaksanaan guru menggunakan strategi yang berpusat kepada anak dan juga dengan mengadakan kegiatan extra school kelas membaca dan menulis dengan menggunakan metode bermain, praktek langsung, bercerita dan pemberian tugas dilanjutkan dengan menggunakan media pembelajaran seperti kartu huruf, kartu gambar dan buku bacaan. Pada kegiatan evaluasi yang dilakukan guru adalah dengan menggunakan teknik ceklis dan penilaian hasil karya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPransiska, RismareniUNSPECIFIED
CorrectorMuryanti, EliseUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, SerliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LITERASI MEMBACA PERMULAAN, ANAK USIA DINI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 May 2024 03:08
Last Modified: 28 May 2024 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52210

Actions (login required)

View Item View Item