Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Tigo Nagari

Putri, Nelda Rahma Lisa (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Tigo Nagari. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_NELDA_RAHMA_LISA_PUTRI_19029184_2548_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika agar dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari dan mengembangkan kemampuan matematika yang dimiliki. Kenyataannya, kemampuan representasi matematis peserta didik di SMA Negeri 1 Tigo Nagari masih tergolong rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan representasi matematis peserta didik kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Tigo Nagari dan untuk mengetahui apakah kemampuan representasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran PBL berbantuan Geogebra lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung pada kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Tigo Nagari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group desaign, dan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Tigo Nagari pada tahun pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling didapatkan kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 2 sebagai kelas sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes akhir kemampuan representasi matematis pada materi Aplikasi Turunan Fungsi Trigonometri. Berdasarkan hasil analisis data kuis diperoleh secara umum hasil kuis peserta didik menunjukkan adanya peningkatan pada setiap indikator kemampuan representasi matematis peserta didik kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Tigo Nagari. Namun, jika dilihat dari perolehan skor setiap individu peserta didik ditemukan bahwa perolehan skor kuis peserta didik ada yang naik, konstan, dan turun. Berdasarkan uji hipotesis pada tes akhir pada taraf nyata 0,05 diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 May 2024 04:50
Last Modified: 27 May 2024 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52195

Actions (login required)

View Item View Item