Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Payakumbuh

Khalid, M. Ikbal (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_M_IKBAL_KHALID_17029157_2159_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh peserta didik sebagaimana tertera dalam tujuan pembelajaran matematika dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Namun, berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 2 Payakumbuh menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI masih tergolong rendah. Salah satu penyebab permasalahan ini adalah pembelajaran yang berfokus pada penyampaian pendidik (teacher centre). Oleh sebab itu, dilakukan sebuah penelitian dengan menerapkan model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, and extending (CORE) guna meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan mendeskripsikan apakah kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran connecting, organizing, reflecting and extending (CORE) lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung pada kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dan penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian yaitu static group comparison design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMA Negeri 2 Payakumbuh dengan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas XII MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XII MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil penelitian kuis diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XII MIPA SMP Negeri 2 Payakumbuh. Selain itu, berdasarkan hasil uji hipotesis tes akhir dengan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 May 2024 04:49
Last Modified: 22 May 2024 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52164

Actions (login required)

View Item View Item