Pratama, Jefri Febrian
(2024)
Pengaruh Tourist Experience dan Travel Motivation Terhadap Revisit Intention di Daya Tarik Wisata Puncak Lawang Kabupaten Agam.
Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tourist experience dan travel
motivation terhadap revisit intention di daya tarik Objek Wisata Puncak
Lawang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh oleh tourist
experience dan travel motivation terhadap revisit intention di daya tarik
Objek Wisata Puncak Lawang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk
asosiatif kausal. Populasi pada penelitian ini adalah pengunjung yang
pernah berkunjug ke Objek Wisata Puncak Lawang, dengan total sampel
387 responden, yang diperoleh dengan teknik sampel purposive sampling.
Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik
pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dengan
skala likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Data dari
penelitian ini diolah dengan menggunakan SPSS 26.00. dan hasil analisis
disajikan dalam bentuk tabel.
Hasil penelitian ini menunjukan tourist experience (X1) berada pada
kategori cukup dengan persentase 63,05,%, Travel motivation (X2) berada
pada kategori cukup dengan persentase 66,93%, dan revisit intention
berada pada kategori cukup dengan persentase 61,75%. Berdasarkan
pengujian regresi Koefisien Variabel F 282.734 dengan sig 0,000 < 0,05
maka variabel Tourist experience dan travel motivation secara bersamasama mempengaruhi Revisit intention dengan nilai R Square 0,596. Tourist
experience dan Travel motivation mempengaruhi Revisit intention secara
signifikan sebesar 59,6 % dan 40,4 % oleh faktor lainnya.
Actions (login required)
|
View Item |