Pengaruh Kualitas Pelayanan Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Marawa Beach Club

Winazora, Andira Nova (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Marawa Beach Club. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
B.1_04_ANDIRA_NOVA_ WINAZORA_19135153_1273_2024.pdf

Download (957kB) | Preview

Abstract

Kualitas pelayanan kualitas produk dan Harga merupakan elemen penting yang harus diperhatikan untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan, Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan, dan Pengaruh Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di Marawa Beach Club. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang berkunjung ke Marawa Beach Club. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner kepada tamu yang berknjung ke Marawa Beach dengan jumlah sampel sebanyak 278 orang yang diambil dengan metode non-probality sampling dengan menggunakan teknik analisis data dengan Structural Equation Model dengan alat software Smart PLS 4.0. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Perkembangan Pariwisata, khususnya di Provinsi Sumatera Barat, menjadi salah satu sektor yang berkembang pesat, terutama dalam industri jasa boga. Kota Padang, sebagai ibu kota provinsi, mengalami peningkatan jumlah restoran, seperti Marawa Beach Club, yang merupakan salah satu destinasi baru di kawasan pantai Air Manis. Marawa Beach Club didirikan oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, bekerja sama dengan pengusaha lokal Ricky Donals, dengan tujuan mengembangkan industri wisata di kota Padang. Namun, dalam menghadapi persaingan di industri pariwisata, terutama di sektor jasa boga, perusahaan mesti memberikan perhatian terhadap kualitas pemberian layanan, produk, dan harga supaya bisa mempertahankan dan menunjang rasa kepuasan dari pelanggan. Kepuasan pelanggan diukur oleh sejauh mana pelayanan, harga, dan produk memenuhi atau melebihi harapan konsumen. v v Kualitas pelayanan, harga, dan produk di Marawa Beach Club menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Beberapa ulasan tamu melalui google review banyak sekali terdapat masalah harga, kebersihan,masalah pelayanan dan lain sebagainya. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan yakni melakukan analisis pada kualitas pelayanan dan harga pada Marawa Beach Club. Penelitian ini dilaksanakan memakai metode kuantitatif, melalui desain yang dipakai dalam pelitian ini yakni asosiatif kausal atau hubungan sebab akibat. Data yang didapatkan pada kegiatan survey dimana dengan membagikan angket kepada responden yang sebagai obyek dari penelitian. Nilai rata-rata untuk variabel Kualitas Pelayanan 3,788 dalam kriteria cukup. Yang berarti bahwa merek Marawa Beach Club melekat di ingatan konsumen. Variabel Harga diraih rata-rata pada angka 3,27 dalam kriteria Cukup. Yang berarti bahwa harga yang ditawarkan Marawa Beach Club masih kurang sesuai untuk pelanggan datang kembali Selanjutnya variabel Kualitas Produk diraih ratarata pada angka 3,40 dalam kriteria Baik. Dengan demikian diraih kesimpulan yakni terdapat pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan dari Kualitas Pelayanan melalui Kepuasan pelanggan . Terdapat pengaruh juga antara Harga dengan Kepuasan Pelanggan Marawa Beach Club. Variabel Kualitas Pelayanan dan Harga menyumbangkan pengaruh pada variabel keputusan pembelian, maka H1, H2 dan H3 diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbrian, YoumilUNSPECIFIED
CorrectorRetnaningtyas, RetnaningtyasUNSPECIFIED
CorrectorAdrian, ArifUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan
Subjects: R Medicine and Food
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 May 2024 04:48
Last Modified: 22 May 2024 04:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52157

Actions (login required)

View Item View Item