Pengembangan Modul Struktur Atom Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing Prompting untuk Kelas X SMA/MA

Zuwita :, Ariani (2022) Pengembangan Modul Struktur Atom Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing Prompting untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Ariani_Zuwita_15035067_2564_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan keterampilan berpikir siswa dengan menekankan pada pendekatan saintifik. Namun dalam pelaksanaannya guru masih terkendala untuk menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian pertanyaan dalam proses belajar sehingga keterampilan berpikir siswa dapat ditingkatkan. Jenis pertanyaan yang dapat digunakan adalah probing dan prompting. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul yang berbasiskan pendekatan saintifik dengan tiap tahapannya memuat pertanyaan yang bersifat menggali (probing) dan menuntun (prompting) pada materi struktur atom kelas X SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Plomp. Tahap penelitian yang dilakukan diantaranya 1) tahap preliminary research (pendahuluan), 2) tahap prototyping stage (pembentukan prototipe), 3) tahap assasment phase (penilaian). Modul yang dihasilkan dilakukan uji validitas dan praktikalitas melalui pemberian angket validitas dan praktikalitas. Data yang diperoleh diolah menggunakan skala formula Aiken’s V. Berdasarkan hasil penelitian uji validitas modul terhadap 5 orang validator (3 orang dosen dan 2 orang guru) diperoleh nilai skala Aiken sebesar 0,86 dengan kategori kevalidan tinggi. Sementara itu, berdasarkan uji praktikalitas yang dilakukan di SMAN 12 Padang oleh 2 orang guru dan 22 orang siswa diperoleh masing-masing nilai skala Aiken 0,84 dan 0,88 dengan kepraktisan tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa modul struktur atom berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing prompting untuk Kelas X SMA/MA telah valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEllizar, EllizarUNSPECIFIED
CorrectorOktavia, BudhiUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 May 2024 02:37
Last Modified: 22 May 2024 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52144

Actions (login required)

View Item View Item