Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Learning Management System untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Pemahaman Konsep IPA untuk Kelas V Sekolah Dasar

Kurniawan, Romi (2024) Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Learning Management System untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Pemahaman Konsep IPA untuk Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ROMI_KURNIAWAN_22124074_1011_2024.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang telah membuka peluang baru dalam pendidikan. Melalui integrasi Bahan Ajar menggunakan Learning Management System,penelitian ini mencoba memberikan solusi inovatif dan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini ialah untuk menghasilkan Bahan Ajar menggunakan Learning Management System untuk meningkatkan Self Efficacy dan Pemahaman Konsep IPA Untuk Kelas V Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development. Model penelitian yang digunakan ialah model ADDIE yaitu tahap analyze (analisis), design (perancangan), tahap develop (pengembangan), tahap implementation (implementasi) dan tahap evaluate (evaluasi). Teknik Pengumpulan Data dibagi menjadi 2, yaitu Data Kualitatif dan Data Kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar oleh validator dan praktisi. Media divalidasi oleh 3 validator ahli materi, 2 validator ahli media serta diuji oleh 3 guru dan uji coba perorangan, uji coba kelompok siswa, dan uji coba kelompok terbatas siswa untuk kepraktisan pada 1 sekolah, dan 2 sekolah untuk keefektifan. Data kuantitatif diperoleh dari hasil penilaian angket validator dan praktisi. Teknik Analisis menggunakan skala Likert dan Uji Paired sampel t-Test. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2023 pada siswa kelas V pada 3 sekolah di kota Padang. Hasil validasi dan uji coba pembelajaran IPA menunjukkan bahwa Bahan Ajar Menggunakan Learning Management System dikatakan sangat valid dengan skor 90,75% pada validator materi dan 93% pada validator media, sangat praktis dengan nilai 94% pada peserta didik dan 88% pada pendidik dan sangat efektif 95,5%. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa Bahan Ajar menggunakan Learning Management System dinilai sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorRayendra, RayendraUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR, LEARNING MANAGEMENT SYSTEM, PEMBELAJARAN IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 May 2024 01:51
Last Modified: 22 May 2024 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52137

Actions (login required)

View Item View Item