Perbedaan Persepsi tentang Lingkungan Belajar antara yang Aktif dengan yang Mandiri pada Program Paket C di PKBM Sakato Kabupaten Pesisir Selatan.

Azizah, Sry (2024) Perbedaan Persepsi tentang Lingkungan Belajar antara yang Aktif dengan yang Mandiri pada Program Paket C di PKBM Sakato Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_4_SRY_AZIZAH_17005092_1365_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan proses pembelajaran yang berlangsung di PKBM SAKATO tersebut tidak berfungsi sebenarnya atau tidak sesuai keinginan dan kegiatan proses pembelajaran yang berlangsung di PKBM SAKATO tersebut tidak berfungsi sebenarnya atau tidak sesuai keinginan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perbedaan persepsi dari warga belajar tentang lingkungan belajar yang mereka alami dan mereka jalani. Penelitian ini menggunakan kuantitatif yang menggunakan bentuk expostfacto. Populasi penelitian ini adalah warga belajar program Paket C di PKBM SAKATO Kabupaten pesisir selatan yang berjumlah sebanyak 35 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 orang dimana 18 orang warga belajar yang aktif dan 17 orang warga belajar yang belajar mandiri di rumah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara secara tertutup antara saya dengan warga belajar Paket C di PKBM SAKATO. Hasil dari penelitian ini adalah: 1.) Persepsi lingkungan belajar warga belajar aktif pada Paket C di PKBM SAKATO Kabupaten Pesisir Selatan pada klasifikasi sangat baik. 2.) Persepsi lingkungan belajar warga belajar yang belajar mandiri di rumah pada kategori kurang baik. Ini diasaskan pada jawaban angket yang disebarkan dan sebagian besar warga belajar atau responden memilih jawaban kurang setuju atau item pertanyaan untuk menggambarkan lingkungan belajar yang bersifat positif 3.) Atas dasar perolehan data yang dilaksanakan, didapati simpulan terdapat perbedaan persepsi warga belajar tentang lingkungan belajar antara yang aktif dengan yang belajar mandiri di rumah pada program Paket C di PKBM SAKATO Kabupaten Pesisir Selatan. Ini didasarkan pada nilai signifikansi yang didapati lebih kecil dibanding nilai dalam ketentuan pengambilan keputusan pada uji hipotesis yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrnawita, IrnawitaUNSPECIFIED
CorrectorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorAzizah, ZahratulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LINGKUNGAN BELAJAR, PAKET C, PEMBELAJARAN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 May 2024 07:18
Last Modified: 21 May 2024 07:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52127

Actions (login required)

View Item View Item