Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Siswa Menggunakan Metode Drill di Kelas VIII.5 SMP Negeri 1 Nan Sabaris

Fardila, Maghina (2024) Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Siswa Menggunakan Metode Drill di Kelas VIII.5 SMP Negeri 1 Nan Sabaris. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_MAGHINA_FARDILA_20023019_2173_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada seni tari di kelas VIII.5 SMP Negeri 1 Nan Sabaris. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung berupa lembar pengamatan dan tes praktek. Teknik pengumpulan studi pustaka, observasi, tes dan dokumentasi.data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode drill dalam pembelajaran seni tari sangat efektif, membuat kegiatan pembelajaran menjadi aktif, menyenangkan dan siswa jadi lebih semangat dalam proses balajar. Hal ini tergambar melalui perilaku siswa yang terdapat dalam indikator aktifitas belajar siswa yang semakin membaik dan meningkat sehingga mampu meningkatkan aktivias dan hasil belajar siswa. Rata-rata persentase aktivitas siswa pada pertemuan ke-1 yaitu 72,1% dengan kriteria baik, dan pada pertemuan ke-2 rata rata persentase aktivitas belajar siswa adalah 74,7% dengan kriteria baik dan pertemuan ke-3 yaitu 80,8% dengan kriteria baik. Setelah dilakukan pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat pada setiap pertemuannya rata-rata persentase aktivitas siswa pada pertemuan ke-1 yaitu 85,1% dengan kateri sangat baik, dan pada pertemuan ke-2 semakin meningkat menjadi 93,8% kriteria sangat baik. Kemudian hasilkemampuan praktek siswa dengan rata-rata nilai 70,8% menjadi 96% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini sudah melewati batas Kriteria Ketuntasan Minimum dan sudah melewati target yang mana target nya yaitu 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, FujiUNSPECIFIED
CorrectorKadir, Tulus HandraUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 May 2024 07:16
Last Modified: 21 May 2024 07:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52118

Actions (login required)

View Item View Item