Fardila, Maghina
(2024)
Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Siswa Menggunakan Metode Drill di Kelas VIII.5 SMP Negeri 1 Nan Sabaris.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode drill
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada seni tari di kelas VIII.5 SMP Negeri
1 Nan Sabaris.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri
dari 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan
refleksi.instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan
instrumen pendukung berupa lembar pengamatan dan tes praktek. Teknik
pengumpulan studi pustaka, observasi, tes dan dokumentasi.data dianalisis dengan
menggunakan teknik persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode drill dalam
pembelajaran seni tari sangat efektif, membuat kegiatan pembelajaran menjadi
aktif, menyenangkan dan siswa jadi lebih semangat dalam proses balajar. Hal ini
tergambar melalui perilaku siswa yang terdapat dalam indikator aktifitas belajar
siswa yang semakin membaik dan meningkat sehingga mampu meningkatkan
aktivias dan hasil belajar siswa. Rata-rata persentase aktivitas siswa pada
pertemuan ke-1 yaitu 72,1% dengan kriteria baik, dan pada pertemuan ke-2 rata
rata persentase aktivitas belajar siswa adalah 74,7% dengan kriteria baik dan
pertemuan ke-3 yaitu 80,8% dengan kriteria baik. Setelah dilakukan pada siklus II
aktivitas belajar siswa meningkat pada setiap pertemuannya rata-rata persentase
aktivitas siswa pada pertemuan ke-1 yaitu 85,1% dengan kateri sangat baik, dan
pada pertemuan ke-2 semakin meningkat menjadi 93,8% kriteria sangat baik.
Kemudian hasilkemampuan praktek siswa dengan rata-rata nilai 70,8% menjadi
96% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini sudah melewati batas
Kriteria Ketuntasan Minimum dan sudah melewati target yang mana target nya
yaitu 85%.
Actions (login required)
|
View Item |