Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Peserta Didik dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling.

Rahmi, Putri Syafira (2024) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Peserta Didik dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_5_PUTRI_SYAFIRA_RAHMI_19006202_448_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena kondisi kepercayaan diri peserta didik yang tergolong rendah dilihat dari gejala-gejala yang tampak diantaranya peserta didik yang cenderung menutup diri, tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki dan ragu-ragu saat berbicara di depan kelas. Jika peserta didik mempunyai kepercayaan diri yang tergolong rendah akan berdampak terhadap penghambatan pencapaian tujuan hidup peserta didik di masa yang akan datang. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan faktor-faktor internal yang mempengaruhi kepercayaan diri peserta didik di SMA Negeri 1 Batipuh, (2) mendeskripsikan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi kepercayaan diri peserta didik di SMA Negeri 1 Batipuh. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 527 orang peserta didik SMA Negeri 1 Batipuh yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, dengan jumlah sampel 229 orang peserta didik. Pemilihan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan memberikan instrumen penelitian yang berupa kuesioner kepercayaan diri lalu data diolah dengan teknik persentase menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri di SMA Negeri 1 Batipuh dilihat dari: (1) faktor penampilan fisik pada umumnya berada pada ketegori sedang, (2) faktor konsep diri pada umumnya berada pada kategori sedang, (3) faktor hubungan dengan orang tua pada umumnya berada pada ketegori sedang, dan (4) faktor hubungan dengan teman sebaya pada umumnya berada pada kategori tinggi. Berdasarkan temuan penelitian ini, diharapkan guru BK dapat memberikan bantuan pelayanan untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, Puji GusriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEPERCAYAAN DIRI, LAYANAN, BIMBINGAN KONSELING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 May 2024 03:41
Last Modified: 21 May 2024 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52107

Actions (login required)

View Item View Item