Efektivitas Penerapan Outdoor Activity Terhadap Perkembangan Kreativitas Menggambar Anak di Taman Kanak-Kanak Khalifah Tarusan

Wanti, Anggia Putri (2024) Efektivitas Penerapan Outdoor Activity Terhadap Perkembangan Kreativitas Menggambar Anak di Taman Kanak-Kanak Khalifah Tarusan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_ANGGIA_PUTRI_WANTI_19022003_3046.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah kurang bervariasinya kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan kreativitas anak di Taman Kanak-Kanak Khalifah Tarusan, disebabkan oleh kemampuan seni terutama menggambar pada anak kurang terasah dan terharah dengan baik karena pembelajaran yang kurang bervariasi dalam mengembangkan kemampuan kreativitas anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Outdoor Activity Terhadap Perkembangan Kreativitas Menggambar Anak di Taman Kanak-Kanak Khalifah Tarusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasi experimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak di Taman Kanak-Kanak Khalifah Tarusan dengan sampel kelas B2 10 anak dan B3 10 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa 12 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji pengaruh (effect size) dengan bantuan aplikasi SPSS 23 dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan outdoor activity memiliki pengaruh yang signifikan dibandingkan dari kelas kontrol dengan indoor melalui demonstrasi guru terhadap perkembangan kreativitas anak di Taman Kanak-Kanak Khalifah Tarusan. Dengan skor pre-test kelas eksperimen 217 dan post-test 393 sedangkan kelas kontrol dengan skor pre-test 184 dan post-test 314. Dengan perolehan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYeni, IndraUNSPECIFIED
CorrectorYulsyofriend, YulsyofriendUNSPECIFIED
CorrectorWirman, AsdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Outdoor Activity Kreativitas Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 21 May 2024 02:02
Last Modified: 21 May 2024 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52095

Actions (login required)

View Item View Item