Hubungan antara Efektivitas Komunikasi Keluarga dengan Intensitas Penggunaan Gadget Anak Usia Dini di Kenagarian Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan

Pratama, Silvia Okta (2024) Hubungan antara Efektivitas Komunikasi Keluarga dengan Intensitas Penggunaan Gadget Anak Usia Dini di Kenagarian Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_SILVIA_OKTA_PRATAMA _20005022 _1096.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya intensitas bermain gadget anak usia dini di Kenagarian Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini diduga karena kurang efektivitas komunikasi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menggambarkan efektivitas komunikasi dalam keluarga di Kenagarian Pasar baru Kabupaten Pesisir Selatan, (2) menggambarkan intensitas dari penggunaan gadget anak usia dini di Kenagarian Pasar baru Kabupaten Pesisir Selatan, dan (3) melihat hubungan antara efektivitas komunikasi dalam keluarga dengan intensitas penggunaan gadget anak usia dini di Kenagarian Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan tujuan untuk mengungkap hubungan efektivitas komunikasi dalam keluarga dengan intensitas penggunaan gadget anak usia dini di Kenagarian Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan. Populasi penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 3-6 tahun di Kenagarian Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 52 orang dan dengan mengambil populasi 10% maka sampel yang didapatkan 42 orang dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efektivitas komunikasi dalam keluarga tergolong kurang baik, (2) intensitas penggunaan gadget anak usia dini di Kenagarian Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan tergolong tinggi, dan (3) terdapat hubungan signifikan antara hubungan efektivitas komunikasi dalam keluarga dengan intensitas penggunaan gadget anak usia dini di Kenagarian Pasar Baru Kabupaten Pesisir Selatan. Saran penelitian ini adalah: (1) bagi keluarga, agar lebih mengoptimalkan efektivitas komunikasi terutama terutama pada anak usia dini, (2) diharapkan kepada lembaga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) agar meningkatkan kemampuan orang tua dalam memberikan pendidikan informal kepada anaknya, dan (3) diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar meneliti variabel lain yang berhubungan dengan intensitas penggunaan gadget pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNatsir, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorArini, Fitri DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Keluarga Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 17 May 2024 02:58
Last Modified: 17 May 2024 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52005

Actions (login required)

View Item View Item