Kontribusi Pemahaman Teks Berita terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Padang

Ananda, Dea (2024) Kontribusi Pemahaman Teks Berita terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DEA_ANANDA_18016010_2249_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang . Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang. Ketiga, menganalisis adakah kontribusi antara pemahaman teks berita terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Kontribusi dihitung dengan rumus koefisien determinan, menggunakan rancangan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 253 siswa yang tersebar di delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 orang. Sampel penelitian diambil sebesar 20% menggunakan teknik propotional random sampling. Variabel penelitian ini adalah pemahaman teks berita sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks berita sebagai variabel terikat (Y). Instrumen penelitian ini adalah tes objektif untuk pemahaman teks berita dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks berita. Hasil penelitian ini ada tiga sebagai berikut. Pertama, pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang berada pada kualifikasi baik pada rentang 76-85 dalam skala sepuluh dengan rata-rata hitung 78,61. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang berada pada kualifikasi baik pada rentang 76-85 dalam skala sepuluh dengan rata-rata hitung 81,94. Ketiga, pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang berkontribusi sebesar 50,12% terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang dengan H0 dalam penelitian ditolak, sedangkan H1 diterima karena thitung lebih besar dari ttabel (6,80 >1,68). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pemahaman teks berita berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks berita pada taraf signifikan 95%, yaitu thitung lebih besar dari ttabel dengan dk=n-1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa untuk terampil menulis teks berita diperlukan pemahaman yang cukup. Jadi, jika guru ingin meningkatkan keterampilan menulis siswa, maka guru harus melatih siswa untuk meningkatkan pemahamannya terlebih dahulu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorGani, ErizalUNSPECIFIED
CorrectorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 May 2024 01:23
Last Modified: 17 May 2024 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51975

Actions (login required)

View Item View Item