Pembuatan e-LKPD Interaktif Liveworksheet Berbasis CTL Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Artikel Ilmiah Populer Siswa Kelas VIII SMP

Nuha, Aulia (2024) Pembuatan e-LKPD Interaktif Liveworksheet Berbasis CTL Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Artikel Ilmiah Populer Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_AULIA_NUHA_20016063_2896_2024.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses pembuatan e-LKPD interaktif liveworksheet yang valid (dilihat dari segi isi, kebahasaan, penyajian, kehrafikan). Jenis penelitian ini adalah mixed methods atau yang biasa dikenal dengan metode penelitian campuran. Model campuran yang digunakan adalah model 4-D yang meliputi 4 tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. Tahap pendefinisian merupakan tahap awal pembuatan e-LKPD interaktif liveworksheet berbasis CTL. Pada tahap ini dilakukan analisis kebutuhan guru, analisis kebutuhan siswa, analisis kurikulum, dan analisis konsep/materi. Berdasarkan hasil analisis, e-LKPD yang akan dirancang terdiri dari empat kegiatan pembelajaran. Yaitu, mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi teks artikel ilmiah populer yang disimak, menginterpretasi dan memberi contoh fakta dan opini dari teks artikel ilmiah populer yang dibaca, mempresentasikan hasil wawancara sebagai data untuk menulis teks artikel ilmiah populer, dan menciptakan kreatifitas dalam bentuk opini dan fakta pada teks artikel ilmiah populer. Sesuai rumusan kurikulum setiap kegiatan harus dilengkapi dengan latihan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model e-LKPD interaktif liveworksheet berbasis CTL untuk keterampilan membaca teks artikel ilmiah populer adalah valid. Hal tersebut dapat dilihat dari validitas model pembelajaran ini yang memperoleh nilai validitas sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, berdasarkan aspek kelayakkan isi, diperoleh nilai validasi sebesar 100% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek kelayakan kebahasaan, diperoleh nilai validasi sebesar 93,75% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek penyajian, diperoleh nilai validasi sebesar 100% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek kegrafikan, diperoleh nilai validasi sebesar 92,5% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek respon pendidik sebesar 94% kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validitas, dapat disimpulkan bahwa model e-LKPD interaktif liveworksheet berbasis CTL untuk pembelajaran keterampilan membaca teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang dapat dikatakan sudah valid untuk melanjutkan ketahap selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 May 2024 01:13
Last Modified: 17 May 2024 01:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51974

Actions (login required)

View Item View Item