Lanen, Sania
(2023)
Pengaruh Metode Pembelajaran Reading To Learn
terhadap Keterampilan Menulis.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran Reading To Learn. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa sesudah menggunakan metode pembelajaran Reading To Learn. Ketiga, menjelaskan pengaruh penggunaan metode pembelajaran Reading To Learn terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa.
Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen untuk menentukan hubungan sebab-akibat pada fenomena yang terjadi. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Sampel yang peneliti ambil dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI.F3 yang berjumlah 36 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks cerpen siswa sesudah menggunakan metode pembelajaran Reading To Learn berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata nilai 81,71 (melebihi KKTP yang telah ditetapkan), sedangkan keterampilan menulis teks cerpen siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran Reading To Learn berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata nilai 76,62 ( di bawah KKTP).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Reading To Learn berpengaruh positif namun tidak secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Hal itu terlihat dari besaran angka yang diperoleh dari hasil sebelum dan sesudah menggunakan metode Reading To Learn tidak jauh berbeda, yaitu 5,09.
Actions (login required)
|
View Item |