Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnosains pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar.

Nelmi, Fauzana (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnosains pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_6_FAUZANA_NELMI_18129111_494_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar yang tersedia di sekolah serta kesulitan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran tematik terpadu di sekolah. Bahan ajar yang tersedia hanya buku cetak yang membuat peserta didik hanya terpacu pada materi buku tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berbasis etnosains pada pembelajaran tematik terpadu yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4-D. Proses penelitian menggunakan model 4-D ini terdiri dari empat langkah yaitunya: define,design, development, and disseminate. Bahan ajar yang dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Untuk praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba produk di SD Negeri 34 Durian Gadang dan subjek penelitian produk di SD Negeri 9 Manganti. Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar berbasis etnosains pada pembelajara tematik terpadu di kelas V SD yang divalidasi dinyatakan sangat valid dengan rata-rata penilaian validator 94%.Berdasarkan respon guru dan respon peserta didik di sekolah uji coba dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis etnoains pada pembelajaran tematik terpadu sangat praktis dengan nilai rata-rata 92,8% dan 94,7%. Sedangkan persentase respon guru dan respon peserta didik di sekolah penelitian terhadap bahan ajar berbasis etnosains pada pembelajaran tematik terpadu sangat praktis dengan nilai rata-rata 92,8% dan 92,8%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis etnosains pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR, ETNOSAINS, TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 May 2024 08:28
Last Modified: 15 May 2024 08:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51880

Actions (login required)

View Item View Item