Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X di SMA N 2 Sijunjung.

Anjelika. P,, Febriani (2024) Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X di SMA N 2 Sijunjung. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_01_FEBRIANI_ANJELIKA_17045009_974_2024.pdf

Download (718kB) | Preview

Abstract

Penelitian didasari atas fenomena yang ditemukan di SMA N 2 Sijunjung dimana hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran geografi cenderung rendah dan siswa kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran geografi, maka untuk itu dimanfaatkanlah lingkungan rumah dan sekolah sebagai sumber belajar geografi pada materi Dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan. Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dengan siswa yang menggunakan sumber belajar konvensional dan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran geografi di SMA N 2 Sijunjung. Penelitian dianalisis dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian eksperimen, jenis peneltian eksperimen yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X IPS di SMA N 2 Sijunjung yang berjumlah sebanyak 144 peserta didik dengan sampel 2 kelas yaitu kelas IPS 1 dan IPS 2 yang berjumlah sebanyak 61 orang siswa. Sumber data berasal dari data primer yaitu data utama penelitian berupa data hasil belajar siswa, data respon siswa terhadap pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang diperoleh dari observasi, wawancara, tes dan angket, dan data sekunder untuk menunjang sumber utama penelitian berupa jurnal, buku nilai, surat kabar. Pengambilan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan kuesioner. Prosedur penelitian terbagi atas persiapan, pelaksanaan dan tahap akhir penelitian. Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dilakukan dengan metode belajar outdoor study. Hasil penelitian ini dianalisis dengan membandingkan nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian yaitu pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran geografi di SMA N 2 Sijunjung. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Peningkatan n-gain hasil belajar siswa sebelum dan setelah memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar sebesar 0,43 atau 43% dimana 43% berada dalam kategori sedang dan iswa merespon cukup baik pembelajaran dengan memanfaatkan sumber belajar lingkungan sekitar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pemanfaatan Lingkungan Sekitar, Sumber Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 May 2024 07:51
Last Modified: 15 May 2024 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51875

Actions (login required)

View Item View Item