Pengaruh Metode Buzz Group Berbasis Model Project Based Learning Terhadap Ketrampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang

Anggraini, Yolanda (2024) Pengaruh Metode Buzz Group Berbasis Model Project Based Learning Terhadap Ketrampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Yolanda_Anggraini_20016048_754_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang sebelum menggunakan metode buzz group berbasis model Project Based Learning (PjBL). Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang sesudah menggunakan metode Buzz Group berbasis model Project Based Learning (PjBL) . Ketiga, menganalisis pengaruh metode buzz group berbasis model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptip. Desain penelitian yang digunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 222 orang dan terbagi menjadi 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling kelas VIII.4 yang berjumlah 32 siswa dengan nilai rata-rata 84,03. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan metode buzz group berbasis model Project Based Learning (PjBL), dan hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan metode buzz group berbasis model Project Based Learning (PjBL). Selanjutnya data dianalisis dengan rumus mengubak skor menjadi nilai, rara-rata hitung keterampilan, uji persyaratan analisis dan uji-t Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, Sebelum penerapan metode buzz group berbasis model Project Based Learning (PjBL) di SMP Negeri 15 Padang, rata-rata keterampilan menulis siswa kelas VIII untuk teks eksposisi secara umum ditemukan kurang memadai. Skor rata-rata keseluruhan adalah 56,62, dikategorikan Hampir Cukup (HC). Kedua, Setelah menggunakan metode buzz group berbasis model pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL), siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang memperoleh skor rata-rata keterampilan menulis teks eksposisi 81,18 dengan kategori Baik (B). Ketiga, hasil uji hipotesis alternative (H1) diterima dengan taraf signifikan 95% dan dk=(n-1) (6,35>1,66) penggunaan metode buzz group berbasis model Project Based Learning (PjBL) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 14 May 2024 08:26
Last Modified: 14 May 2024 08:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51859

Actions (login required)

View Item View Item