Efektivitas Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Pembelajaran IPA untuk Anak Tunadaksa.

Aviqtry, Aviqtry (2024) Efektivitas Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Pembelajaran IPA untuk Anak Tunadaksa. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_2_AVIQTRY_20003004_734_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SLB N 2 Pariaman.Seorang peserta didik tunadaksa yang masih belum maksimal dalam memahami pembelajaran IPA pada materi manfaat tumbuhan bagi manusia.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami pembelajaean IPA dengan menggunakan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif.Media ini memberikan berbagai macam fitur yang dapat diakses peserta didik dengan mudah. Fiturnya diantara lain teks, gambar, audio, video dan dapat digunakan kapan dan dimana saja. Serta memudahkan peserta didik untuk memahami materi pembelajaran IPA. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR).Dengan desain A-B-A.Data dianalisis dengan analisis visual grafik.Teknik dalam pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data soal tes.Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik tunadaksa di Kelas XI SLB N 2 Pariaman. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak tiga kali pengamatan dan memperoleh persentase stabil 30%. Pada kondisi Intervensi (B) yang dilakukan sebanyak enam kali pengamatan dengan memperoleh persentase stabil 90% dan pada kondisi baseline (A2) yang dilakukan sebanyak tiga kali pengamatan memperoleh persentase stabil 95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media pembelajaran multimedia interaktif dapat meningkatkan kemampuan memahami pembelajaran IPA untuk anak tunadaksa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TUMBUHAN, INTERAKTIF, TUNADAKSA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 May 2024 07:22
Last Modified: 13 May 2024 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51836

Actions (login required)

View Item View Item