Strategi Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Tanah Datar dalam Upaya Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan

Hasna, Nurul (2023) Strategi Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Tanah Datar dalam Upaya Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_NURUL_HASNA_20233068_244_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Tanah Datar Dalam Upaya Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan karyawan terkait dan juga diperoleh dari data yang telah ada di Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Tanah Datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam progres pemungutan pajak terdapat masalah internal yang berasal dari BAPPENDA dan masalah eksternal yang berasal dari wajib pajak, untuk itu BAPPENDA melakukan tindakan yang nyata dan strategis dalam upaya peningkatan kepatuhan wajib Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan untuk menciptakan wajib pajak yang patuh akan kewajiban perpajakannya yaitu, sosialisasi perpajakan, penyuluhan pajak, melakukan monev (monitoring dan evaluasi) terhadap penerimaan PBB-P2, dan melakukan pendampingan pemungutan pajak dengan kolektor nagari dan kolektor jorong. Sesuai hasil penelitian maka disarankan kepada wajib pajak agar menjadi warga negara yang patuh akan kewajiban perpajakannya, dan untuk BAPPENDA agar lebih memperhatikan dan teliti lagi dalam hal mendata objek pajak supaya tidak terjadi penolakan pembayaran pajak oleh wajib pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorThabrani, GesitUNSPECIFIED
CorrectorFitra, HalkadriUNSPECIFIED
CorrectorYolanda, MikeUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STRATEGI BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen-D3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 May 2024 03:37
Last Modified: 07 May 2024 03:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51778

Actions (login required)

View Item View Item