Pengaruh Permainan Tradisional Main Kajai Terhadap Keterampilan Lokomotor Anak di Taman Kanak Kanak Negeri Pembina Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Sigit, Rahmabella Agita (2024) Pengaruh Permainan Tradisional Main Kajai Terhadap Keterampilan Lokomotor Anak di Taman Kanak Kanak Negeri Pembina Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_RAHMABELLA_AGITA_SIGIT_19022189_2476.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemberian stimulasi lokomotor kepada anak usia dini. Pada pegamatan awal ditemui guru hanya memberikan pembiasaan senam dan bermain bebas saat jam istirahat serta didapati banyak anak yang kesulitan mempertahankan posisi kakinya dan ragu saat melompati rintangan. Maka berdasarkan permasalahan tersebut peneliti memberikan gagasan penerapan konsep permainan sederhana yaitu main kajai dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap keterampilan lokomotor anak. Metode penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental rancangan one group pretest-posttest design. Adapun subjek penelitian yaitu Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Sitiung sebagai populasi dan kelompok B2 sebagai sampel. Penelitian ini dilakukan selama 10 hari (satu hari pretest, delapan hari treatmet, dan satu hari posttest). Teknik pengambilan data yang peneliti gunakan yaitu, observasi, tes dan dokumentasi. Prosedur pengolahan data ini diantaranya diawali dengan pengujian validitas dan reabilitas instrumen, uji prasyarat dengan uji normalitas, dan diakhiri dengan uji hipotesis. Berdasarkan hasil rerata disimpulkan bahwa skor mean pretest sebesar 14.72 lalu diberikan treatment menghasilkan mean 25.07 serta diakhiri dengan posttest diperoleh skor mean 26.35. Yang berarti keterampilan lokomotor anak mengalami peningkatan dari skor mean tes awal sampai tes akhir. Adapun perhitungan uji prsyarat yang dilakukan dengan uji normalitas didapati pretest sig 0.199 > α 0.05 dan posttest sig 0.201 > α 0.05, maka kedua data dinyatakan berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dan diperoleh sig 0.000 < α 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan tradisional main kajai terhadap keterampilan lokomotor anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sitiung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirman, AsdiUNSPECIFIED
CorrectorUtoyo, SetioUNSPECIFIED
CorrectorSyofriend, YulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional eterampilan Lokomotor Anak Taman Kanak Kanak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:20
Last Modified: 30 Apr 2024 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51637

Actions (login required)

View Item View Item