Deskripsi Pola Asuh Orang Tua dan Karakter Tanggung Jawab Anak di Taman Kanak-kanak Kecamatan Patamuan kabupaten Padang Pariaman.

Suryani, Fajri Yanda (2024) Deskripsi Pola Asuh Orang Tua dan Karakter Tanggung Jawab Anak di Taman Kanak-kanak Kecamatan Patamuan kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_FAJRI_YANDA_SURYANI_17022015_468.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan di Taman Kanak-kanak Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman, ditemukan perilaku anak yang tidak membereskan kembali peralatan main yang telah digunakan, anak sulit mengucapkan kata maaf saat berbuat salah, dan tidak menyelesaikan tugas yang diberiakan dengan alasan lelah, tidak bisa, dan tidak mau. Ini menunjukkan karakter tanggung jawab anak kurang terlihat, salah satu faktor yang mempengaruhi karakter tanggung jawab yaitu pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pola asuh orang tua, dan (2) mengetahui karakter tanggung jawab anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Statistik deskriptif menyajikan data melalui tabel, perhitungan median, mean, standar deviasi dan persentase. Orang tua anak di Taman Kanak-kanak Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman dengan pendidikan terakhir ≤SMA yang berjumlah 50 orang. Jumlah sampel sebanyak 50 orang di pilih dengan menggunakan teknik total sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket pola asuh orang tua dan angket karakter tanggung jawab pada anak. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pola asuh yang digunakan oleh orang tua di Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman adalah pola asuh demokratis, pola asuh otoriter dan pola asuh permisif. Dengan pola asuh yang lebih dominan digunakan adalah pola asuh demokratis dengan tingkat persentase sebesar 88% yang berada pada kategori sangat tinggi, kemudian pola asuh permisif dengan persentase 79% dan pola asuh otoriter dengan persentase 77% yang berada pada kategori tinggi. Serta karakter tanggung jawab anak berada pada kategori tinggi dengan persentase 73 %

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYeni, IndraUNSPECIFIED
CorrectorZulminiati, ZulminiatiUNSPECIFIED
CorrectorWirman, AsdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua Tanggung Jawab Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:18
Last Modified: 30 Apr 2024 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51629

Actions (login required)

View Item View Item