Pengaruh Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan

Anggriani, Dini (2024) Pengaruh Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_DINI_ANGGRIANI_19022010_812.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dasar dari penelitian ini adalah pentingnya kemampuan berpikir kritis bagi anak di Taman Kanak-kanak. Ada berbagai cara untuk membantu anak-anak mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka salah satunya adalah menggunakan pendekatan STEAM. STEAM diartikan sebagai sebuah bentuk pendekatan dan pengajaran dalam proses pendidikan yang dilaksanakan berdasarkan disiplin ilmu tertentu, yang menjadikan salah satu alternatif pembelajaran mengembangkan berpikir kritis. Kemampuan untuk mengamati, mengemukakan pendapat, menganalisis, memecahkan masalah dan menyimpulkan adalah kemampuan berpikir kritis pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pendekatan Steam berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode quasy eksperimen, populasi penelitian seluruh anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan. Dengan sampel kelas B2 dan B4 yang berjumlah masing-masing 15 Anak. Teknik pengumpulan data berupa Observasi dengan bantuan instrumen dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, alat pengumpulan data digunakan lembar observasi. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan SPSS 22.0. Berdasarkan analisis data penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian rata-rata Pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 16,13 dan 15,60, rata-rata Post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 23,60 dan 21,53. Hasil perhitungan menggunakan uji t berbantuan SPSS diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0.014 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliza, DelfiUNSPECIFIED
CorrectorUtoyo, SetioUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, SerliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendekatan STEAM Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:23
Last Modified: 30 Apr 2024 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51628

Actions (login required)

View Item View Item