Rahmadhani, Afifah Miladiyah (2024) Afifah Miladiyah Rahmadhani, 2023. “Hubungan Self Awareness dengan Bystander Effect siswa SMA Negeri 7 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_05_AFIFAH_MILADIYAH_RAHMADHANI_19006056_1758.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari, situasi darurat di tempat umum seperti kecelakaan dan pembullyan seringkali menjadi momen kritis yang membutuhkan respon cepat dari orang di sekitarnya. Meskipun empati umumnya mendorong individu untuk menawarkan bantuan, fenomena bystander effect muncul ketika banyak saksi hadir, menyebabkan ragu dan ketidakmampuan untuk bertindak. Bystander effect pada remaja menunjukan ketidakmampuan mereka melakukan tugasnya sebagai bagian dari peran dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kondisi self awareness siswa, (2) mendeskripsikan aspek-aspek self awareness siswa, (3) mendeskripsikan sikap bystander effect siswa, (4) mendeskripsikan aspek-aspek bystander effect dan (5) menguji hubungan self awareness dengan bystander effect. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif korelasional. Subjek penelitian sebanyak 158 orang siswa. Analisis deskriptif dilakukan dengan menggunakan rumus persentase, sedangkan analisa korelasional digunakan rumus product moment correlation dan dan perhitungannya dibantu dengan menggunakan program SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata skor capaian self awareness mencapai 62,9%, dengan kategori sedang, (2) rata-rata skor capaian bystander effect sebesar 76,3%, dengan kategori tinggi, dan (3) terdapat hubungan negatif antara self awareness dan bystander effect. Dengan demikian diartikan bahwa semakin tinggi tingkat self awareness maka semakin rendah tingkat bystander effect begitupun sebaliknya. Berdasarkan temuan penelitian, diperlukan adanya upaya bimbingan oleh konselor sekolah untuk meningkatkan self awareness siswa dan mengurangi perilaku bystander effect. Layanan bimbingan dan konseling dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti layanan informasi, layanan konseling kelompok, dan layanan bimbingan kelompok. Upaya ini diharapkan dapat membantu siswa menjadi lebih responsif dan aktif dalam situasi darurat serta mengurangi kecenderungan bystander effect
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Self Awareness Bystander Effect | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs. Melinda Febrianti, S.IP | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Apr 2024 04:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Apr 2024 04:06 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51583 |
Actions (login required)
View Item |