Monaliza, Monaliza
(2023)
Analisis Kinerja Guru Dalam Rangka Mensukseskan Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penulis melihat adanya gap atau ketidaksesuaian antara kondisi ideal yang
diharapkan dengan realitas yang ada. Kondisi ideal yang dimaksud adalah kondisi
dimana guru memiliki kinerja yang tinggi. Kinerja guru yang tinggi dapat dikatakan
sebagai sosok guru yang ideal di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis kinerja guru dalam rangka keberhasilan Profil Siswa Pancasila di
Sekolah Dasar Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan objek
yang diteliti di SDN 04 yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan 3 cara yaitu wawancara, telaah dokumen, dan observasi.
Hasil kajian menunjukkan bahwa pada dasarnya pelaksanaan program profil
siswa Pancasila di SDN 04 Birugo Kota Bukittinggi sudah berjalan dengan baik.
Namun mengenai hasil pencapaian yang masih belum berjalan dengan baik, yang
diuraikan sebagai berikut; (1) Belum berjalan dengan baik kinerja guru dalam
mengimplementasikan profil siswa Pancasila. Hal ini disebabkan belum berjalan
dengan baik kerjasama antar guru dan ketepatan waktu pelaksanaan yang diukur
dari lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya dibandingkan dengan
target rencana. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam
mengimplementasikan profil siswa pancasila adalah faktor kepemimpinan kepala
sekolah, faktor pendorong guru menuju profil guru ideal, faktor sarana dan
prasarana serta faktor kerjasama antar guru berdasarkan koordinasi dan sinergi. (3)
Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru untuk meningkatkan
implementasi profil siswa Pancasila adalah dengan memotivasi individu guru untuk
mengembangkan sikap kooperatif antar guru dan melakukan pendekatan persuasif
dan demokratis dengan menerapkan tipe kepemimpinan transformatif dalam
mengeluarkan kebijakan
Actions (login required)
|
View Item |