Romadhia, Rizla Ersa
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam
Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Circuit Learning berbantuan
Power Point di Kelas V SDN 21 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten
Agam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu masih
tergolong rendah. Hal ini disebabkan beberapa hal yaitu pembelajaran masih
dominan berpusat pada guru terlihat saat proses pembelajaran guru hanya
menggunakan metode ceramah sehingga kurangnya interaksi antara guru dan peserta
didik. Guru hanya mengandalkan buku sebagai sumber belajar dan papan tulis
sebagai media pembelajaran. Guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk berdiskusi dalam kelompok. Kurangnya penguatan yang diberikan
kepada peserta didik serta guru kurang melibatkan peserta didik untuk aktif dan
kreatif dalam menyampaikan pendapatnya sehingga peserta didik masih merasa
takut dan ragu untuk menyampaikan pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan
model Circuit Learning berbantuan Power Point di Kelas V SDN 21 Surabayo
Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan campuran yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II 1
kali pertemuan. Pada setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta
didik di kelas V SDN 21 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam
yang berjumlah 24 orang.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : 1) Persentase pengamatan
RPP pada siklus 1 pertemuan 1 83,33% meningkat menjadi 88,88% pada siklus I
pertemuan 2 kemudian meningkat lagi 97,22 % pada siklus 2. 2) Aktivitas guru pada
siklus I pertemuan 1 75% meningkat menjadi 86,11% pada siklus I pertemuan 2
kemudian meningkat lagi menjadi 94% pada siklus II. 3) Aktivitas peserta didik
pada siklus 1 pertemuan 1 75% meningkat menjadi 86,11% pada siklus I pertemuan
2 kemudian meningkat lagi menjadi 94% pada siklus II. Sedangkan dari hasil belajar
peserta didik pada siklus I nilai rata-ratanya 74,2 kategori perlu bimbingan (PB)
meningkat menjadi 89,75 kategori baik pada siklus II. Dapat disimpulkan, model
Circuit Learning berbantuan Power Point dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.
Actions (login required)
|
View Item |