Anan, Lian Kopi
(2023)
Meningkatkan Bina Diri Mencuci Piring Melalui
Metode Drill pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IX di SLBN 1 Sungai Aur
(Single Subject Research).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan seorang anak tunagrahita
ringan kelas IX yang mengalami kurang mampu mengurus dan merawat diri
sendiri. Salah satu kemampuan dalam mengurus dan merawat diri sendiri yaitu
mencuci piring. Berdasarkan temuan tersebut penelitian ini bertujuan
meningkatkan bina diri mencuci piring dan juga melihat apakah metode drill dapat
berpengaruh atau efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single
subject research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A. Subjek dalam
penelitian ini adalah seorang siswa tuna grahita ringan. Teknik pengumpuan data
menggunakan tes tertulis, observasi (pengamatan) dan studi dokumentasi. Datadata
yang dikumpulkan berupa skor yang berbentuk persentase. Kemudian data
dianalisis dengan analisis visual grafik.
Berdasarkan analisis data dari ketiga kondisi selama 16 pertemuan, pada
kondisi baseline (A1) menunjukkan hasil yaitu, 29,4%, 35,29%, 35,29%, 35,29%.
Kondisi intervensi (B) kemampuan anak menunjukkan peningkatan yang terlihat
pada hasil yang diperoleh yaitu, 50%, 70,58%, 73,59%, 76,47%, 79,41%, 82,35%,
82,35%, 82,35%. Kondisi setelah diberikan intervensi (A2) kemampuan peserta
didik menunjukkan peningkatan yang terlihat pada hasil yang diperoleh yaitu,
82,35%, 94,1%, 94,1%, 94,1%. Hasil dari penelitian yang telah terlaksanakan
diperoleh bahwa bina diri mencuci piring meningkat setelah diberikan intervensi
menggunakan metode drill. Sehingga metode drill efektif dalam meningkatkan
bina diri mencuci piring.
Actions (login required)
|
View Item |