Salman, Iza Elvira
(2023)
Hubungan Antara Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Paket C di PKBM Titian Amanah Kayu
Tanam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar warga belajar yang
mengikuti program paket C di PKBM Titian Amanah Kayu Tanam dalam pelajaran
Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui gambaran kesiapan
warga belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada program paket C di PKBM
Titian Amanah, Kecamatan Kayu Tanam. 2) Untuk mengetahui hasil belajar warga
belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada program paket C di PKBM Titian
Amanah, Kecamatan Kayu Tanam. 3) Untuk mengetahui korelasi kesiapan belajar
dengan hasil belajar warga belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada
program paket C di PKBM Titian Amanah, Kecamatan Kayu Tanam.
Penelitian ini dikelompokkan dalam penelitian kuantitatif korelasional.
Dimana populasi yang dimaksud peneliti ialah warga belajar kelas X dan XI yang aktif
pada tahun ajaran semester genap 2022/2023. Dengan jumlah populasi sebanyak 27
warga belajar. Sampel penelitian pada kajian ini diambil sebanyak 75% atau berjumlah
sebanyak 20 warga belajar dengan memakai teknik stratified random sampling.
Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus Rank Order.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kesiapan belajar warga belajar
paket C di PKBM Titian Amanah Kayu Tanam dikategorikan rendah. 2) Hasil belajar
warga belajar paket C di PKBM Titian Amanah Kayu Tanam dikategorikan rendah
dikarenakaan banyak nilai warga belajar yang di bawah KKM. 3) Terdapat korelasi
yang signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar warga belajar paket C di
PKBM Titian Amanah. Berdasarkan hasil penelitian ini, ada beberapa rekomendasi
yang dapat diberikan. Pertama, diharapkan kepada lembaga untuk dapat menyediakan
fasilitas yang lebih baik lagi sehingga semangat dan kesiapan warga belajar dalam
belajar akan meningkat. Kedua, pengajar diharapkan menggunakan metode inovatif
untuk meningkatkan semangat dan kesiapan peserta didik selama proses belajar.
Ketiga, peneliti di masa depan diharapkan terlibat dalam penelitian dengan faktorfaktor
baru dan menggunakan metode inovatif untuk memasukkan dan
menggabungkan variabel-variabel yang sudah ada.
Actions (login required)
|
View Item |