Fitri, Nilam Nurlaila
(2022)
Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis RADEC pada pembelajaran Tematik Terpadu dikelas V SD.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian mi dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media pembelajaran yang bervariasi dan tidak berbasis IT sehingga menyebabkan pola pembelajaran konvensional yang mana pembelajaran berpusat kepada guru dan peserta didik hanya menerima informasi. Media pembelajaran yang cenderung digunakan adalah media pembelajaran yang terbuat dari kertas dan berupa gambar yang menjadi pajangan di ruang kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Kvisoft Flipbook Maker berbasis RADEC pada pembelajaran tematik terpadu yang valid dan praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap dalam pengembangannya, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi ahli media/grafik. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba produk di UPT SD
09 Air Tawar Barnt dan subjek penelitian produk di UPT SD 19 Air Tawar Barnt.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan Kvisoft Flipbook Maker berbasis RADEC yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas 88% untuk materi, 92% untuk kebahasaan dan 93,75% untuk media dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon guru memperoleh presentase kepraktisan 95%. Sedangkan hasil angket respon peserta didik dengan presentase kepraktisan 93, 1 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Kvisoft Flipbook Maker berbasis RADEC pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |