Dhaini, Rahmah
(2023)
Menigkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kerajian Suvenir Tas dari Pelepah Pisang Melalui Media Tutorial bagi Anak Tunarungu Kelas X (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Perwari Padang) Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi terkait permasalahan pembelajaran keterampilan membuat tas dari pelepah pisang melalaui media vidio tutorial Padang. Dalam studi pendahuluan ditemukan dua orang siswa tunarungu mengalami kesulitan dalam mengingat, menyiapkan alat dan bahan serta melakukan langkahlangkah keterampilan membuat tas dari pelapah pisang Hal tersebut menyebabkan bentuk tas tidak rapi Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran keterampilan yang dilakukan siswa mendapatkan nilai evaluasi di bawah nilai ratarata KKM. Terkait pembelajaran yang diberikan belum optimal. Terlihat guru menggunakan beberapa metode seperti pembelajaran langsung untuk memberikan pemahaman siswa, namun ditemukan bahwa siswa masih sering lupa dengan nama alat, bahan serta langkah langkah membuat tas dari pelepah pisang. Hal ini menyebabkan guru membutuhkan tenaga yang ekstra pada saat menjelaskan pembelajaranmembuat tas dari pelpah pisang.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian tidakan kelas, berkolaborasi antara peneliti dan guru kelas dalam memperbaiki pembelajaran. Peneliti sebagai pemberi tindakan sedangkan guru bertindak sebagai kolaborator. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap masing siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Adapun data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Subjek penelitian yakni dua orang siswa tunarungu. Dalam pembelajaran keterampilan membuat tas dari pelpah pisang media yang digunakan yaitu media video tutorial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pembelajaran membuat tas dari pelepah pisang yang telah diakukan siswa. Dimana proses pembelajaran berjalan baik sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. Hal tersebut dapat dibuktikan dari kemampuan awal siswa yang dalam kategori masih rendah. Setelah diberikan tindakan pada sisklus I kemampuan siswa meningkat secara optimal dan pembelajaranpun menjadi menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa media video tutorial dapat meningkatan keterampilan membuat tas dari pelpah pisang pada siswa tunarungu kelas X.
Actions (login required)
|
View Item |