Daneil, Kevin
(2023)
Persepsi Metode Pembelajaran Problem Posing dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Fabrikasi di Departemen Teknik Mesin Universitas Negeri Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Persepsi dalam metode pembelajaran problem posing merupakan pandangan terhadap metode belajar yang diberikan apakah metode tersebut dapat mempengaruhi pemahaman mahasiswa dalam belajar di workshop fabrikasi. Namun, faktor yang sering muncul secara internal maupun eksternal cukup mempengaruhi pola belajar siswa khususnya pada motivasi belajar yang menjadi tindakan sebagai dorongan utama untuk lebih menekuni pembelajaran di sekolah tentang fabrikasi. Observasi yang telah berhasil dilakukan pada subjek penelitian didapatkan bahwa dari 20 orang siswa 57% yang memenuhi kriteria ketuntasan dan 53% tidak mencapai kriteria tersebut, maka penelitian ini dimaksud untuk mengungkapkan hubungan metode dan pemahaman belajar pada pembelajaran Fabrikasi Teknik MesinUNP. Penelitian kuantitatif dipakai sebagai metode utama dalam menganalisis perolehan data menggunakan studi korelasi untuk mendeteksi hubungan dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data secara objektif untuk melihat hubungan metode dan pemahaman belajar memakai instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data yang dipergunakan ialah pengujian analisis prasyarat dan hipotesis dengan pengujian instrumen validitas dan reabilitas. Hasil penelitian yang telah berhasil dilaksanakan pada fakultas Teknik mesin UNP pada uji normalitas diketahui nilai sig. sebesar0,20 > 0,05 memperlihatkan hasil data sampel terdistribusi normal, sedangkan uji linearitas diperoleh sig. 0,931>0,05 bahwa variabel berpolalinear. Oleh karena itu disimpulkan hubungan metode dan pemahaman elajar,bernilai korelasi sebesar 0,897 memperlihatkan hubungan yang terjadi berkolerasi secara positif.
Actions (login required)
|
View Item |