Dewita, lsra
(2023)
Efektivitas Penggunaan Google Forms sebagai Alat EvaluasiPembelajaran Jurusan Desain Pemodelan lnformasi Bangunan (DPIB) SMKN di Kata Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemajuan teknologi sangat membantu dunia pendidikan. Teknologi juga mempengaruhi pendekatan pembelajaran yang meliputi materi pembelajaran, prosedur pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan dilakukannya evaluasi pembelajaran secara online dengan menggunakan Google Forms. Alat evaluasi berbasis web ini dapat membantu guru dalam persiapan dan pelaksanaan ujian di sekolah, memproses hasil evaluasi dengan cepat sehingga nilai siswa dapat segera diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Google Forms sebagai alat evaluasi pembelajaran di Jurusan Desain Pemodelan lnformasi Bangunan (DPIB) pada SMKN di Kata Padang.
Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau angket. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian adalah guru-guru Jurusan Desain Pemodelan lnformasi Bangunan (DPIB) di Kata Padang yaitu dari SMKN 5 Padang, SMKN 1 Padang, dan SMKN 1 Sumatera Barat. Sampel pada penelitian ini berjumlah 28 guru yang diambil dari seluruh data populasi. Angket disusun dengan menggunakan skala Likert sebagai skala pengukuran penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data, efektivitas penggunaan Google Forms sebagai alat evaluasi pembelajaran Jurusan Desain Pemodelan lnformasi Bangunan (DPIB) SMKN di Kota Padang adalah sebesar 84,58% yang berarti masuk ke dalam kategori efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Google Forms efektif untuk digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran di Jurusan Desain Pemodelan lnformasi Bangunan (DPIB) pada SMKN di Kota Padang.
Actions (login required)
|
View Item |