Gustiwati Z, Reni
(2023)
Pengembangan Bahan Ajar Fabel Menggunakan
Metode VARK (Visual, Auditory, Reading, and Kinesthetic) di Kelas II
Sekolah Dasar.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar
fabel pada pembelajaran tema 8 (Keselamatan di rumah dan
perjalanan). VARK merupakan sebuah metode pembelajaranyang
cocok di terapkan pada proses pembelajaran di kelas II dengan
langkah-langkah Visual, Auditory, Reading, Kinestethic.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan
menggunakan model 4-D yang terdiri atas (1) Pendefinisian (Define)
yaitu melakukan analisis kurikulum, analisis kebutuhan, analisis
peserta didik, (2) Perancangan (Design) yaitu merancang bahan ajar
yang akan digunakan, (3) Pengembangan (Develop) melakukan uji
validitas, praktikalitas dan efektivitas bahan ajar, (4) Penyebaran
(Dessiminate), yaitu melakukan penyebaran bahan ajar yang telah
dikembangkan pada Sekolah Dasar tempat penelitian. Uji coba bahan
ajar dilakukan pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 13 Lolong
pada 26 siswa dan penyebaran bahan ajar dilakukan di kelas II Sekolah
Dasar Negeri14 Belanti Barat pada 26 siswa.
Hasil penelitian yang ditemukan adalah bahan ajar yang
dikembangkan dinyatakan sangat valid, dengan rata-rata mencapai 3,7.
Hasil praktikalitas bahan ajarberdasarkan respons siswa dengan
persentase 89dan praktikalitas berdasarkan respons guru dengan
persentase 87,8.Hasil uji efektifitas secara keseluruhan diperoleh
persentase efektifitas sebesar 87,5% dengan kategori sangat efektif.
Demikian, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan oleh peneliti
telah membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta
didik.Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar
dengan berbasis metode VARK di kelas II Sekolah Dasar yang telah
dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Actions (login required)
|
View Item |